Awal masuk peserta didik Arkan Islamic School, para guru SDIT Arkan Cendekia mengikuti seminar Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Acara tersebut dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB di Masjid Arkan. Kegiatan ini berlangsung 2 hari. Dr. Moh Erwinto, S.Pd.,M.Pd. adalah pemateri acara tersebut . Beliau adalah seorang dosen, praktisi pendidikan sekaligus trainer.

Hari pertama, Senin 9 Januari 2023, pemaparan materi terkait bagaimana implementasi P5 dalam kurikulum merdeka dan para guru mendapat tugas menyusun proyek untuk kelas yang diampunya. Hari kedua, 10 Januari 2023, para guru mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil rancangan P5 yang telah disusun secara berkelompok.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka adalah menentukan dimensi dan tema proyek. Proyek Pembangunan Profil Pelajar Pancasila menawarkan pelajar kesempatan untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses pembentukan karakter serta kesempatan untuk belajar dari lingkungan mereka. Dalam proyek intensif ini, pelajar memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan memahami topik atau isu penting seperti perubahan iklim, melawan ekstremisme, kesehatan mental, budaya, kewirausahaan, teknologi, dll, sehingga pelajar dapat mengambil tindakan spesifik untuk merespons masalah sesuai dengan kebutuhan mereka, tahap belajar, dan kebutuhan mereka.

Tema ini dapat berubah setiap tahun, sebagaimana ditentukan oleh pemerintah pusat (Kemdikbud) sesuai dengan prioritas masalah. Proyek Profil Pelajar Pancasila dirancang terpisah dari program ekstrakurikuler. Tujuan, isi proyek, dan kegiatan pembelajaran tidak selalu terikat dengan tujuan dan tema program sekolah. Unit pengajaran dapat melibatkan masyarakat atau dunia kerja untuk merancang dan melaksanakan proyek yang meningkatkan profil pelajar Pancasila.

Tujuan P5 antara lain untuk mengoptimalkan kemampuan pelajar. Selain itu, tujuan P5 untuk memperkuat pencapaian rekor pelajar Pancasila telah dikembangkan berdasarkan tema-tema tertentu yang diidentifikasi oleh pemerintah. Proyek Profil Pelajar Pancasila didasarkan pada empat prinsip, yakni kontekstual, eksploratif, berpusat pada pelajar, dan holistic.

Modul proyek dikembangkan berdasarkan dimensi, unsur dan sub unsur profil pelajar Pancasila. Oleh karena itu, tujuannya adalah untuk menyusun dokumen yang menggambarkan perencanaan kegiatan proyek sebagai pedoman bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang konsisten dengan tujuan penguatan profil pelajar Pancasila dalam topik tertentu. Sehingga proses pembelajaran interdisipliner mengamati dan merenungkan solusi permasalahan di lingkungan sekitar semakin kuat dengan berbagai keterampilan Profil Pelajar Pancasila.

Leave a Comment